Sesuaikan Kebutuhan Saat Bersepeda, Inilah 5 Jenis Sepeda Gunung

Sebagian besar orang sering mendengar sepeda MTB (Mountain Bike) atau biasa disebut sepeda gunung. Sesuai dengan namanya, sepeda gunung memang lebih maksimal digunakan bersepeda di jalur pegunungan. Meskipun begitu, sepeda gunung juga sangat memungkinkan untuk dipakai di jalan raya atau jalan aspal, walau tak sebaik jika digunakan pada jalan tanah dan berbatu.

Namun, siapa sangka sepeda gunung ternyata memiliki beberapa macam sesuai dengan kegunaannya. Agar anda tetap nyaman saat bersepeda, coba cek jenis sepeda gunung yang telah #batucycling rangkum untuk anda.

Berdasarkan Suspensi dan Rangka Sepeda

Hard Tail

Sepeda Gunung Hard Tail adalah sepeda gunung yang paling banyak kita jumpai, karena biasanya memiliki harga yang lebih terjangkau, meskipun masih ada untuk kelas advance yang harganya jauh lebih melambung dibandingkan dengan sepeda untuk pemula. sepeda gunung Hard Tail memiliki suspensi yang terletak di bagian depan (fork). Dan untuk rangka sepeda ini dibuat kaku tanpa suspensi. Oleh karena itu, sepeda gunung ini sangat cocok digunakan untuk medan yang tidak terlalu ekstrem.

Soft Tail atau Full Suspension

Sepeda gunung Soft Tail atau full suspension yang biasa juga kita sebut dual suspension memiliki 2 suspensi yang terletak pada fork (depan) dan juga rangka  tengah. Sepeda ini didesain untuk medan yang lebih ekstrem. Karena fungsi dari tambahan suspensi yang terletak di rangka tengah adalah untuk meredam benturan jika terjadi jumping (lompatan) saat bersepeda. Kelemahannya, sepeda soft tail cenderung memiliki bobot yang lebih berat dan kurang cocok jika digunakan pada medan yang relatif halus

Berdasarkan  Jalur yang Dapat Dilalui

Sepeda MTB XC (Cross Country)

Masyarakat biasanya menyebut sepeda ini dengan sebutan fulsus, yang berawal dari singkatan full suspension. Sesuai dengan namanya, sepeda fulsus ini memiliki suspensi pada rangkanya

Sepeda gunung Cross Country sebenarnya adalah jenis sepeda traill yang lebih ringan. Jadi lebih direkomendasikan jika melewati area perbukitan dengan cepat, baik saat menanjak atau saat turun

Sepeda MTB Traill

Sepeda jenis ini adalah sepeda yang umum digunakan, karena dapat digunakan dalam segala hal seperti berseneng-senang dengan menikmati alam. Sepeda gunung jenis Traill dapat digunakan pada medan yang lebih bervariasi jika dibandingkan dengan jenis XC (Cross Country). Kebanyakan MTB, Traill dirancang dengan suspensi depan saja. Sepeda jenis ini tergolong cukup terjangkau oleh karena itu, kami merekomendasikan sepeda MTB Traill untuk pemula yang baru memulai bersepeda.

Sepeda Gunung Gravity / Downhill

Sepeda Downhill sangat direkomendasikan untuk melibas segala jenis turunan di perbukitan dan pegunungan. Namun, bukan sembarang turunan melainkan harus dilewati dengan kecepatan yang sangat tinggi. Oleh karena itu, sepeda Downhill akan kurang nyaman jika digunakan di medan yang halus dan datar seperti perkotaan. Sepeda ini memiliki rangka yang kokoh dan memiliki suspensi dengan travel yang besar sehingga anda akan tetap mendarat dengan mulus walau dari ketinggian lompatan 2 meter atau bahkan lebih.

Itulah beberapa jenis sepeda gunung, jika anda ingin lebih menikmati kenyaman bersepeda, silahkan kontak Batu Cycling kami akan merealisasikan impian bersepeda sesuai dengan budget anda.

Anda mungkin juga menyukai ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tim dukungan pelanggan Batu Cycling siap menjawab pertanyaan Anda.